KM belum memiliki definisi formal. Tapi secara konseptual, KM merupakan kegiatan organisasi dalam mengelola pengetahuan sebagai aset, dimana dalam berbagai strateginya ada penyaluran pengetahuan yang tepat kepada orang yang tepat dan dalam waktu yang cepat, hingga mereka bisa saling berinteraksi, berbagi pengetahuan dan mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari demi peningkatan kinerja organisasi.
Pada tataran praktek, Amrit Tiwana (2000) menjelaskan KM sebagai sebuah konsep dimana perusahaan mengelola pengetahuan organisasi secara efektif guna menciptakan business value dan competitive advantage Pengetahuan yang semula milik individu, kini menjadi milik perusahaan, dan dapat digunakan serta disebarluaskan untuk kepentingan perusahaan.
Konsep ini berorientasi pada pembentukan kowledge worker dalam perusahaan, seperti yang ditulis Peter F. Drucker dalam bukunya Landmark of Tomorrow di tahun 1959. Menurutnya, seorang pekerja yang efektif akan mengandalkan pengetahuannya dan tidak terbatas pada kemampuannya saja.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
whoaa mae... akhirnya kita bikin blog! ^_^
btw, gw setuju dengan statement... 'Pengetahuan yang semula milik individu, kini menjadi milik perusahaan, dan dapat digunakan serta disebarluaskan untuk kepentingan perusahaan.'
yah, kayak yang dibilang pak dachyar... kalo ada seorang karyawan potensial yang keluar dr perusahaan, maka perusahaan itu harus punya back up ilmu2 dia donk yah!! makanya pengetahuan yang dipunya sm individu itu harus menjadi milik perusahaan, daaannn karyawannya yang laen juga harus tau!
ok deh mae, semangat mengarungi smester5!!
Posting Komentar